Kamis, 31 Mei 2012

MENGENAL PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER

A. Pengertian Software
     Software (perangkat lunak) dalam komputer adalah program yang memerintahkan komputer untuk melakukan pengolahan data. program tersebut ditulis dalam bahasa khusus yang dapat dimengerti oleh komputer.

B. Jenis Software
     Berikut akan dijelaskan beberapa jenis software (perangkat lunak). antara lain:
     1. Sistem Operasi
     2. Program utility
     3. Program Paket
     4. Program Aplikasi
     5. Bahasa Pemrograman



Mari kita bahas satu persatu teman,,,,,



     1. Sistem Operasi

        Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

       Beberapa software sistem operasi yang banyak digunakan antara lain:
  • DOS (Disk Operating System) Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan simbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT.
  • OS/2 (Operating Sistem 2) adalah sistem operasi yang dibuat secara bersama-sama oleh International Business Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM PS/2, (pengganti komputer IBM PC/AT), sebagai pengganti sistem operasi DOS yang telah lama digunakan
  • WINDOWS, Sistem operasi Windows memiliki banyak jenis, antara lain Windows 3.x, Windows NT, Windows 95, Windows 97, Windows 98, Windows 2000, Windows Millenium, Window XP, Windows Vista dan Windows 7 yang telah beredar di pasaran.
  • UNIX Merupakan Sistem Operasi untuk jaringan komputer dan banyak digunakan pada komputer besar seperti supercomputer dan mainframe. Unix dikenalkan pada tahun 1970 oleh sebuah group yang dipimpin Ken Thompson dari Laboratorium AT & T.
  • LINUX Merupakan pengembangan dari sistem operasi unix yang dikembangkan oleh Linus Benedict Torvals. Software Linux bersifat open source karena kita dapat menggunakan dan memodifikasi secara bebas, berbeda dengan software Windows yang sudah dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. kendala penggunaan Linux adalah kebanyakan orang belum terbiasa karena masih banyak yang menggunakan Windows, selain itu Program-program yang dijalankan oleh Linux masih sangat terbatas.
     2. Program Utility
       Program Utility merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur kinerja dan perawatan  perangkat keras sebuah komputer. Contohnya: Norton Utility dan System Tools. Biasanya pada System  Tools, kita dapat menggunakan Disk Defragmenter untuk merapikan/ menata file.


     3. Program Paket
         Program Paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak  orang dengan berbagai kepentingan, seperti: Microsoft Word digunakan untuk surat menyurat, pembuatan  laporan, pembuatan dokumen dalam bentuk surat kabar, ataupun dalam mengetik naskah. Selain Microsoft  Word, program paket yang lain adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel digunakan untuk membantu  menghitung, memproyeksikan, serta menganalisa data.


     4. Program Aplikasi
        Program Aplikasi atau program terapan merupakan program - program komputer yang digunakan  untuk melakukan tugas - tugas tertentu sesuai dengan permintaan, seperti untuk mengetik naskah,  menggambar, mengolah foto, mengolah angka, mendengarkan musik dan menonton film.

      5. Bahasa Pemrograman
         Bahasa pemrograman adalah software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer,  baik berupa sistem operasi ataupun program paket. Contohnya Visual Basic, Pascal, dan dBase.


 

8 komentar:

  1. Saat ini semakin sulit belajar beginian, karena OS makin banyak dan ragam software gratisan ataupun berbayar sudah berjamuran

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat bang, ijin nimba ilmu disini :)

    BalasHapus
  3. izin share yaa bang... :)

    BalasHapus
  4. https://dasarkomputer-komputer.blogspot.co.id/2012/04/cpu.html?showComment=1513159793180#c7544484172104911506

    BalasHapus
  5. Wynn Las Vegas - MapyRO
    MapyRO Hotels 김포 출장샵 & Resorts in Las Vegas, 군산 출장안마 NV. Find reviews 충청남도 출장마사지 and discounts for AAA/AARP members, 충주 출장안마 seniors, 고양 출장안마 long stays & government organizations.

    BalasHapus